Jam berapa sekarang?

Visitors

free counters
Membacaitubagus. Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Chatting Here...

Membaca Itu Bagus

Kamis, 20 Mei 2010

Makhluk di Bawah Laut Antartika

by M_Yazid  |  in Misterius at  5/20/2010 08:12:00 AM




Dalam sebuah penemuan mengejutkan, mengenai kehidupan di bawah es, para ilmuwan untuk pertama kalinya menemukan makhluk mirip udang dan ubur-ubur raksasa bermain-main di bawah lapisan es Antartika.

Enam ratus meter di bawah lapisan es tidak ada cahaya bersinar. Para ilmuwan telah menemukan lebih dari beberapa mikroba. Itu disebabkan tim NASA terkejut ketika mereka menurunkan sebuah kamera video, dan melihat perut dari lapisan es di Antartika. Udang yang aneh, seperti berenang dan mendarat pada kamera kabel. Ilmuwan juga menarik sebuah alat penangkap mereka, yang berasal dari kaki-ubur-ubur panjang.

"Kami beroperasi dari asumsi bahwa tidak ada kehidupan di sana," kata ilmuwan NASA, Robert Bindschadler, yang akan menyajikan temuan awal dan sebuah video pada pertemuan American Geophysical Union, Rabu.



Secara teknis, itu bukan udang. It's a Lyssianasid amphipod, yang jauh terkait dengan udang. Video akan menginspirasi para pakar untuk memikirkan kembali apa yang mereka ketahui tentang kehidupan di lingkungan yang keras. Ini juga sebagai renungan bagi ilmuwan bahwa jika udang-seperti makhluk dapat bermain-main di bawah kaki es di Antartika dengan air gelap, bagaimana dengan tempat-tempat lain? Bagaimana dengan Eropa dan bulan Yupiter?

"Kami tidak tahu apa yang terjadi di bawah sana," ujar ahli biologi Stacy Kim dari Moss Landing Marine Laboratories di California, yang bergabung tim NASA kemudian.

Mikrobiologi Cynan Ellis-Evans dari British Antartic Survey disebut temuan menarik.

"Ini adalah yang pertama bagi sub-glasial lingkungan dengan tingkat kecanggihan," ujar Ellis-Evans. Dia mengatakan ada temuan agak mirip, menunjukkan kehidupan kompleks di rak es mundur, tapi tak cukup langsung di bawah es seperti ini.

Ellis-Evans mengatakan makhluk itu berenang dari jauh dan tidak tinggal di sana secara permanen. Bindschadler mengebor lubang dengan 8 inci lebar dan memandang jumlah air. Itu berarti tidak mungkin ada dua makhluk berenang dari jarak yang jauh dan ditangkap secara acak di suatu wilayah kecil, katanya.

Namun, para ilmuwan dibuat bingung pada apa yang akan menjadi sumber makanan bagi makhluk ini. Sementara beberapa mikroba dapat membuat makanan mereka sendiri dari bahan-bahan kimia di laut, kehidupan kompleks seperti amphipod tidak bisa, kata Kim.

Jadi, bagaimana mereka bertahan hidup? Itulah pertanyaan kunci, kata Kim.

"Sangat menakjubkan ketika Anda menemukan teka-teki besar seperti itu di sebuah planet di mana kita berpikir kita tahu segalanya," kata Kim.

Read more: Makhluk di Bawah Laut Antartika - Asal Kamu Tahu Aja

Find Us On Facebook

Proudly Powered by Blogger.