Jam berapa sekarang?

Visitors

free counters
Membacaitubagus. Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Chatting Here...

Membaca Itu Bagus

Selasa, 25 Mei 2010

HP Untuk Tunanetra

by M_Yazid  |  in teknologi at  5/25/2010 07:02:00 AM


Kecanggihan teknologi memang dituntut agar dapat membantu siapa saja, tak terkecuali bagi teman-teman kita yang memiliki keterbatasan, seperti tunanetra.

Kini, sudah berbagai aplikasi hadir untuk teman-teman kita tersebut. Misalnya, Look Tell, aplikasi khusus yang dapat membantu tunanetra untuk mengenali benda-benda yang ada di sekitarnya. Ia dapat mengidentifikasi berbagai macam benda sampai bangunan dengan hanya menggunakan kamera yang ada di ponsel. Fitur identifikasi benda yang dimilkinya dapat digunakan untuk mengenali benda yang segera akan membacakan hasil pemindaian. Selain benda, Look Tell juga bisa mengidentifikasi nama bangunan dan lainnya, namun hanya sebatas bangunan terkenal. Look Tell memungkinkan pengguna terhubung dengan seseorang yang dipercaya untuk membantu. Fitur ini membuat pengguna bisa berbicara dengan pemandu, tidak hanya via audio melainkan juga audio visual melalui video call langsung dari ponsel.




Semakin mengagumkan, Look Tell juga bisa berfungsi sebagai OCR (optical character recognition) sehingga bisa digunakan sebagai pemindai teks dan langsung membacakannya kepada pengguna.

Tak hanya Look Tell yang peduli tunanetra. Anak negeri pun memperkenalkan IndoTTS pada pertengahan April lalu. IndoTTS mampu membantu tunanetra untuk mendengarkan isi SMS. IndoTTS ini dikembangkan oleh Arry Akhmad Arman, praktisi dan pengajar ITB, dan dibantu mahasiswa Prodi Teknik Komputer STEI ITB, Edwin Rommel. Istimewanya, logat yang muncul adalah bahasa Indonesia dengan suara pria, dan berkemungkinan akan dikembangkan dengan suara wanita.

Nokia pun membikin aplikasi khusus yang membantu tunanetra bernama Braille. Aplikasi ini digunakan pada ponsel-ponsel layar sentuh Nokia seperti Nokia 5800, 5230, 5530, X6 dan N97/Mini. Cara kerjanya dengan menyentuh layar ponsel dan merasakan getaran dari vibrator ponsel yang setiap getarnya mewakili setiap huruf abjad. Aplikasi ini gratis dan bisa didapatkan di website resminya, tapi anda diharuskan untuk mendaftar lebih dahulu, kalau tidak ingin repot bisa mendownloadnya melalui mediafire.

Wah, teknologi memang semakin canggih saja ya dan tentunya harus dapat membantu sesama.

0 comments:

=================================================
PLEASE COMMENT..!!!
Di comment donk artikel menarik diatas....!!^^

Suatu tulisan akan menjadi baik jika mempunyai penggerak motivasi yang berupa Kritik, Saran dan lain-lain

Find Us On Facebook

Proudly Powered by Blogger.