Senin, 24 Mei 2010

Sejarah Gitar

Walaupun gitar lebih terkenal sebagai alat musik selama era modern, seperti gitar-instrumen telah eksis di berbagai budaya di seluruh dunia lebih dari lima ribu tahun. Dengan sejarah yang panjang, hampir mustahil untuk menutup keseluruhan dalam lingkup artikel ini. Sebagai gantinya, menyebutkan beberapa perkembangan signifikan dalam sejarah yang panjang untuk membantu menggambarkan sejarah gitar.














Kata "gitar" dibawa ke dalam bahasa Inggris sebagai adaptasi dari Spanyol kata "guitarra," yang, pada gilirannya, yang berasal dari Yunani "kithara." Menilik akar kata selanjutnya kembali ke bahasa sejarah, tampaknya telah kombinasi Indo-Eropa batang "guit-," berarti musik, dan akar "-tar," berarti senar atau string. Root "ter-" sebenarnya umum untuk sejumlah bahasa, dan juga dapat ditemukan dalam kata "sitar," juga gesekan alat musik. Walaupun ejaan dan pengucapan berbeda antara bahasa, unsur-unsur tersebut tombol yang sudah ada di sebagian besar untuk kata "gitar" sepanjang sejarah.

Ada ketidakpastian tentang tepat tanggal dibuat gitar. Kemungkinan adalah tanggal 1779, dan dibuat oleh superlee Vinaccia. Namun, keaslian dari enam string gitar diduga telah dibuat sebelum 1790 , karena banyak yang palsu ditemukan. Awal abad kesembilan belas umumnya diterima sebagai jangka waktu perubahan gitar enam string mengenai bentuk dan dimensi. Jadi hampir dua ratus tahun, luthiers, atau pembuat gitar n, telah memproduksi versi modern gitar akustik.

Gitar listrik pertama tidak dikembangkan sampai awal abad kedua puluh. George Beauchamp menerima paten pertama untuk sebuah gitar listrik di 1936, Beauchamp menemukan Rickenbacker, awalnya dikenal sebagai the Electro String Instrument Company, dengan Adolph Rickenbacher. Ejaan nama perusahaan yang berbeda dari Rickenbacher's diberi julukan bahwa dirinya dari keturunan Jerman, yang dianggap sebagai tersangka selama perang dunia. Meskipun Rickenbacker mulai memproduksi gitar listrik pada akhir tahun 1930an, merek ini tenar di tahun 1960-an, ketika John Lennon menggunakan gitar Rickenbacker untuk debut Beatles di Ed Sullivan pada tahun 1964. George Harrison kemudian membeli sendiri gitar Rickenbacker, dan perusahaan kemudian beri dia salah satu dari dua belas string gitar listrik. Paul McCartney juga menggunakan Rickenbacker bass untuk rekamannya. The Beatles terus menggunakan gitar Rickenbacker sepanjang karir mereka, dan membuat instrumen ini sangat populer di kalangan musisi pada masa itu.

The Fender Musical Instruments Company dan Gibson Guitar Corporation adalah ahli gitar listrik, keduanya mengembangkan beberapa model pada awal tahun 1950-an. Dimulai dengan Fender Telecaster di 1950 dan 1951, dan Fender Stratocaster debuted pada 1954. Gibson mulai menjual Gibson Les Paul, sebagian didasarkan pada bantuan dari musisi jazz dan gitar inovator Les Paul, di tahun 1952. Mayoritas hari gitar listrik masih sebagian besar desain masih didasarkan pada tiga model ini.

Sepanjang sejarah gitar dan instrumen sejenis, rata rata mereka membuat gitar, dimainkan, dan dirasakan sendiri. Dengan melihat seluruh sejarah gitar, bukan hanya perkembangan terakhir, sebagian besar gitar listrik, didasari atas ide ide dari generasi sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

=================================================
PLEASE COMMENT..!!!
Di comment donk artikel menarik diatas....!!^^

Suatu tulisan akan menjadi baik jika mempunyai penggerak motivasi yang berupa Kritik, Saran dan lain-lain

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...