Jam berapa sekarang?

Visitors

free counters
Membacaitubagus. Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Chatting Here...

Membaca Itu Bagus

Kamis, 13 Mei 2010

Terobosan baru di 2010: TV 3D

by M_Yazid  |  in teknologi at  5/13/2010 05:17:00 AM


Wuih..kaget nggak ketika anda membaca judul diatas. Kayaknyaada yang perlu ditanyakan nih mengenai dunia 3D ini. Siapa yang sudahmenonton Avatar di bioskop 3D? Dahsyat kan? Planet Pandora seakan-akanmenjadi benar-benar hidup.

Betapa cepatnya perkembanganteknologi dunia. Sepertinya baru saja kita mulai memasuki masa televisiberdefinisi tinggi, Plasma, LCD, dan LED. Tapi sekarang di 2010 ini,diperkirakan televisi high definition berteknologi 3 Dimensi, 3D, sudahmulai akan ada di pasaran.



Bayangkan saja, kalau anda menontonfilm, atau siaran TV tentang pantai terindah di dunia, yang pasirnyaputih dan airnya biru jernih, maka anda akan nyaris seperti berada disana. Keren kan? Atau kalau Anda menonton film seperti Avatar (JamesCameron, 2009) misalnya, maka anda akan seperti berada di planet lain.

Danyang paling seru, kalau anda menonton olahraga, seperti sepakbola,Manchaster United lawan Everton, atau nonton World Cup, anda akanseperti nonton langsung di stadionnya. Dan pemain-pemain bintangnya,seperti sedang berlaga di dekat anda di ruangan anda. Benar-benar gila!

Teknologitelevisi 3D sudah dimiliki oleh para produsen elektronik ternama duniaseperti LG, Samsung, Sony, dan Panasonic. Bahkan yang "3D ready" sudahada di toko-toko di Amerika, Jepang, dan Korea dengan harga antara US$1000 sampai US$ 2800. Yang akan dipasarkan 2010 adalah versi yang lebihcanggih.Tayangan 3D yang tadinya sering terlihat sedikit gelap, sudahbisa diatasi sejak lama oleh LG, dengan teknologi barunya yang memilikikecerahan gambar (brightness) tinggi.

Bahkan di Korea Selatan,televisi di sana, dengan dukungan habis-habisan dari pemerintahnya dankonglomerat-konglomerat raksasa Korea (Chaebol), sudah akan mulaimenayangkan program-program televisi 3 Dimensi hanya dalam waktubeberapa minggu lagi, awal 2010.

Bagaimana teknologi 3D bekerja?Caranya adalah film atau tayangan diproduksi dengan 2 atau lebih kamerauntuk sebuah gambar, yang akan dibagi menjadi gambar untuk mata kanandan untuk mata kiri. Nantinya kita juga akan memakai kacamata khusus(dengan kaca biru dan merah itu), yang akan menyatukan gambar yangditangkap oleh mata kanan dan mata kiri. Dari sanalah akan terciptailusi kedalaman 3 Dimensi.

Tapi kacamata yang akan diproduksinanti akan lebih maju dari kacamata murahan yang sekarang banyakdipakai di bioskop-bioskop. Sedangkan teknologi tanpa kacamata khususjuga sebenarnya telah ada, tapi masih sangat mahal dan kompleks untukdiproduksi secara masal.

Read more: Terobosan Baru di 2010: TV 3D - Asal Kamu Tahu Aja

0 comments:

=================================================
PLEASE COMMENT..!!!
Di comment donk artikel menarik diatas....!!^^

Suatu tulisan akan menjadi baik jika mempunyai penggerak motivasi yang berupa Kritik, Saran dan lain-lain

Find Us On Facebook

Proudly Powered by Blogger.